Save on your hotel - hotelscombined.com

Tempat Wisata Terpopuler

Danau singkarak



Danau Singkarak


Danau Singkarak, dengan luas sekitar 108 km2 ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Membentang di antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang, Danau Singkarak menawarkan keindahan panorama alam kombinasi dari hijaunya pegunungan dan birunya hamparan air danau.

Di dalamnya hidup sekitar 19 spesies ikan, namun satu diantaranya merupakan spesies istimewa, yakni ikan Bilih/Biko (Mystacoleusus padangensis Blkr), sebab hanya hidup di danau ini. Olahan ikan bilih biasanya digoreng kering atau dicocol dengan sambal hijau. Pastikan kita membeli oleh-oleh ikan bilih yang telah digoreng kering dalam bungkusan untuk dibawa pulang.


Sudah banyak hotel dibangun didekat Danau Singkarak, seperti di sepanjang jalan utama solok-bukittinggi dan di Kabupaten Tanah Datar. Di Kota Umbilin yang berada di tepi danau, berbagai hotel dan restoran cukup banyak, bisa menjadi alternatif tempat bermalam yang nyaman. Wisatawan bisa menyewa perahu di situ untuk memancing ikan bilih atau menikmati keindahan danau. Aktivitas semacam berenang dan hiking juga bisa dilakukan.

Transportasi :

Danau Singkarak berjarak 70 km dari Padang, atau sekitar 2 jam waktu tempuh; 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Jika mengambil jalan darat, dari bandara internasional Minangkabau, kita dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan kemudian mengambil transportasi lain ke danau. Perjalanan ini akan membawa kita melewati kawasan Sitinjau Laut yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam. Pemandangan terbaik dapat dilihat melalui jalan utama Solok-Bukittinggi, dimana pengunjung sering sekali berhenti untuk mengabadikan pemandangan danau yang menakjubkan.

Dari berbagai sumber

Wisata Populer