Save on your hotel - hotelscombined.com

Tempat Wisata Terpopuler

Pantai Suluban : Keindahan Tersembunyi di Balik Batuan Karang

 Indonesiajayatravel

Bosan berkunjung ke pantai yang landai dengan pesisir pantai yang luas dan datar? Biasanya jenis pantai ini juga umumnya ramai dikunjungi wisatawan. Nah, mungkin kali ini Anda perlu mengunjungi pantai yang berbeda, yaitu Pantai Suluban. Berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, Bali, pantai ini menawarkan eksotisme spektakuler sebuah pantai yang letaknya
tersembunyi di balik batu karang.

Kata suluban berasal dari bahasa Bali, yaitu menyulub yang artinya berjalan atau lewat di bawah sesuatu. Pemberian nama ini disesuaikan dengan ciri khas pantainya dimana untuk sampai di pesisir pantai berair jernih berwarna biru ini, Anda perlu menuruni anak tangga melewati lorong atau celah sempit di antara batuan karang raksasa. Beberapa karang bahkan serupa gua yang seolah menjadi pintu masuk ke pesisir pantai.

Garis Pantai Suluban memang tidak terlampau luas, seolah terselip di antara karang-karang raksasa. Akan tetapi, keindahan panorama alam lautnya sungguh sangat memesona. Pantai yang berpasir putih ini memiliki gelombang ombak yang besar, cocok untuk berselancar. Suara gemuruh ombak memecah batuan karang banyak terdapat di pantai ini akan menyambut Anda bahkan sebelum sampai di bibir pantai. Warna air laut yang biru turqoise nan jernih adalah kolam renang raksasa yang menyenangkan untuk diselami

indonesiajayatravel

 
Apabila Anda enggan menuruni tangga dan melalui celah-celah di antara karang raksasa, keindahan pantai cantik nan eksotis yang juga dikenal dengan nama Blue Point ini tetap dapat dinikmati dari atas batuan karang dengan panorama langsung ke lautan lepas. Di atas batuan karang ini, terdapat gazebo dan banyak restoran atau warung makan; tempat yang tepat untuk duduk santai menikmati keindahan Pantai Suluban.

Kontur pantai yang dihiasi batu-batu karang mengelilingi pantai menjadikannya demikian memikat dilihat dari sudut mana pun. Kelebihan lainnya adalah bahwa pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

Apabila Anda gemar berselancar, tentu menarik untuk menjajal liuk ombak Pantai Suluban yang telah mengundang banyak wisatawan asing untuk datang. Hanya saja, mengingat banyaknya karang di dekat bibir pantai, peselancar harus berenang agak ke tengah untuk mendapatkan ombak yang besar dan menantang. Kebanyakan wisatawan yang datang adalah wisatawan asing yang ingin berselancar dan menantang ombak besar di Pantai Suluban. 


indonesiajayatravel


 Untuk menjangkau kecantikan pantai ini, terlebih dahulu Anda perlu memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Kemudian dari area parkir, Anda harus berjalan menuruni anak tangga dimana di kedua sisinya terdapat pepohonan rimbun yang seolah menyatu dengan bukit-bukit karang. Celah-celah sempit di antara batuan karang memang seolah menjadi jalur-jalur tantangan sebelum Anda dapat menemukan dan menikmati kecantikan pantai yang tersembunyi ini.

Transportasi

Berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, perjalanan menuju Pantai Sulubah dapat ditempuh sekira 1 jam perjalanan dari Denpasar. Jarak pantai Suluban dari kota Denpasar adalah 32 kilometer ke arah selatan melalui kawasan wisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban, dan Desa Jimbaran. Anda dapat menyewa mobil, motor, atau menggunakan jasa agen wisata dari bandara untuk sampai ke pantai ini. Biasanya, ada paket-paket wisata mengunjungi kawasan Bali Selatan yang terkenal memiliki pantai-pantai yang dikelilingi tebing karang atau bukit-bukit.

Pantai Suluban juga hanya berjarak sekira 3 kilometer dari Pura Uluwatu. Saat Anda keluar gerbang pura, Anda hanya perlu mengambil jalur belok kiri dan terus ikuti jalan sampai Anda menemukan area parkir khusus Pantai Suluban.

Wisata Populer