Save on your hotel - hotelscombined.com

Tempat Wisata Terpopuler

Pulau Samosir, Keindahan pulau kecil di tengah danau toba



Pulau samosir

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.

Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.

Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir.


Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau".

Danau Toba, mendengar nama objek wisata ini pasti sudah tidak asing lagi. Tentu saja, sebab Danau Toba merupakan objek wisata unggulan di Indonesia bahkan telah menjadi destinasi pariwisata dunia. 

Bahkan kabarnya letusan Gunung Api Toba tersebut juga mempengaruhi perubahan iklim di daerah-daerah sekitar Indonesia maupun Samudera Hindia selama beberapa tahun. Tak hanya itu, masyarakat pun juga mempercayai bahwa Gunung Api Toba tersebut masih aktif hingga kini dan diyakini pula bahwa suatu saat Gunung Api Toba tersebut akan meletus kembali dalam ribuan tahun mendatang. Sehingga kini banyak informasi yang mengatakan bahwa perairan yang terdapat di Danau Toba adalah kawah dari gunung tersebut.

Di balik keindahan danaunya, tentunya Anda sudah mengetahui tentang keberadaan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah Danau Toba. Ya, pulau tersebut bernama Pulau Samosir. Pulau ini sangat populer di mata wisatawan dan telah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata di Danau Toba. sebab di dalamnya memiliki eksotika yang begitu lengkap mulai dari panorama alam, objek wisata sejarah, kehidupan masyarakatnya hingga tradisi khas etnis Batak Toba yang masih dilestarikan dengan baik di pulau ini. Memang tak lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke Danau Toba tidak menyambangi Pulau Samosir, maka dari itu Anda harus menyisihkan waktu sejenak untuk berkunjung ke pulau ini. Apalagi bagi Anda yang begitu menggemari wisata alam.

Ketika pertama kali Anda memasuki objek wisata Pulau Samosir, panorama danau yang membentang dengan indahnya akan terlihat di depan mata. Sejauh mata memandang Anda akan melihat kejernihan airnya dengan beberapa kapal feri yang tengah melintas di perairannya. 

Tak hanya itu tepat di seberang Pulau Samosir, Anda juga akan dimanjakan dengan panorama perbukitan yang luas membentang berwarna hijau membentuk dataran tinggi yang mengelilingi Danau Toba. Perbukitan tersebut juga di hiasi oleh kabut-kabut yang terdapat di atasnya. Samar-samar juga terlihat bangunan yang berdiri di sekitar pinggiran danau seperti rumah penduduk, fasilitas umum maupun penginapan.

Di Pulau Samosir ini, Anda dapat menjelajahi keindahannya. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Samosir, lebih baik Anda menggunakan jasa pemandu perjalanan (guide) yang akan membawa Anda ke objek wisata apa saja yang terdapat di pulau ini sembari menjelaskan tentang beragam cerita dari objek wisata tersebut.

Setelah lelah berkeliling Pulau Samosir, saatnya Anda merilekskan diri sejenak di Pemandian Air Panas yang terdapat di salah satu kawasan pulau ini. Ya, menikmati hangatnya di Pemandian Air Panas sembari merasakan hawa sejuk di Pulau Samosir menjadikan satu kombinasi yang mengasyikkan sebelum beranjak kembali dari pulau ini.

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Pulau Samosir tidak mendapatkan cenderamata khas pulau ini. Ya, bagi Anda yang ingin berbelanja cenderamata maupun oleh-oleh khas Pulau Samosir, di beberapa tempat terdapat kios-kios yang menjual berbagai cenderamata tersebut. 

Beberapa diantara cenderamata tersebut adalah kain khas Batak Toba dengan motifnya yang unik, hingga bermacam-macam ukiran yang terbuat dari kayu dan biasanya ukiran tersebut dijadikan sebagai pajangan. Anda dapat memilih beberapa cenderamata yang ada di kios-kios ini sesuai keinginan Anda. Harga yang ditawarkan oleh para penjual pun cukup terjangkau, bahkan apabila menurut Anda terlalu mahal, Anda pun juga dapat menawarnya

Transportasi

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata ke Pulau Samosir, terlebih dahulu Anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 – 5 jam dari Kota Medan menuju Kota Parapat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti Minibus. 

Setelah tiba di Kota Parapat, Anda harus menuju dermaga yang terdapat di Danau Toba. Untuk transportasi penyeberangan dari Danau Toba ke Pulau Samosir, Anda akan menggunakan kapal feri dengan ongkos Rp. 7.000,- per orang. Kapal feri tersebut tersedia dalam 2 jenis, yaitu Kapal Feri yang khusus membawa penumpang dan Kapal Feri yang membawa penumpang serta kendaraan.



Dari berbagai sumber

Wisata Populer